Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Sukses Menghasilkan Uang Dari Blog Untuk Pemula

Rahasia Sukses Menghasilkan Uang Dari Blog Untuk Pemula

Judul di atas sebenarnya sudah basi, karena sudah sangat banyak para blogger yang menjelaskan tentang hal ini. Tapi, dari beberapa artikel yang menjelaskan tentang rahasia sukses mencari uang dari blog yang pernah saya baca, masih ada informasi yang harus dijelaskan lebih detil lagi. Mengingat, sekarang memang lagi maraknya bermunculan para blogger-blogger baru yang memang mereka ngeblog hanya karena termotivasi bahwa ngeblog itu bisa menghasilkan uang.

Sekarang memang lagi zaman-zamannya orang mulai melirik dan mencari peruntungan memilih menjalankan bisnis online untuk dijadikan profesinya, maka dari itu Blog LagiZaman akan terus mencari informasi terkait yang memang saat ini menjadi trending topik di dunia maya seputar bisnis online ini.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa saat ini banyak sekali orang yang terjun untuk menjadi pemain dan menjalankan bisnis online. Lalu, kenapa mereka memilih menjadi blogger? banyak orang memilih menjadi pebisnis online dengan menjadi seorang blogger alasannya adalah sebagai berikut:

- Tanpa modal besar!

Hal ini mungkin memang benar, karena untuk menjadi seorang blogger itu tidak terlalu membutuhkan modal besar. Untuk anda yang memang ingin serius menjalankan sebuah blog, mungkin anda hanya mengeluarkan sejumlah uang untuk sewa hosting dan membeli sebuah domain saja. Saya rasa jumlah uang yang anda keluarkan tidaklah seberapa jika memang anda berniat untuk menekuni sebuah blog untuk dijadikan modal bisnis anda nantinya.

Dan untuk anda yang memang tidak ingin mengeluarkan biaya sepeserpun, atau hanya untuk mencoba-coba, anda tetap masih bisa mencari peruntungan, karena ada banyak layanan membuat blog gratisan untuk anda, seperti yang paling populer dan banyak digunakan adalah Blogger.com, WordPress.com dan Tublr.com., anda bisa menggunakan salah satu layanan tersebut dan semuanya gratis.

- Freelance

Ketidak terikatan pada jam kerja, perusahaan dan seseorang membuat banyak orang memilih menjadi seorang blogger untuk dijadikan profesi barunya. Seperti yang kita tahu, karena memang tidak ada batasan waktu dan keterikatan pada perusahan atau seseorang untuk menjadi seorang blogger.

Walau begitu, semua tergantung anda, karena dalam dunia blogging ada yang disebut dengan parttime blogger dan juga fulltime blogger. Kedua istilah ini memang sangat menentukan perkembangan dan kemajuan blog yang anda kelola.

- Parttime blogger adalah:
Mereka yang menjalankan blognya hanya jika ada waktu senggang saja, maka mereka akan mengurus blognya.

- Fulltime blogger adalah:
Mereka yang benar-benar meluangkan waktunya hanya untuk terus mengurus blognya.

Dari kedua istilah diatas, tentu saja anda yang memang berniat untuk fokus menjalankan bisnis online lewat blog, maka menjadi seorang fulltime blogger kemungkin besar akan mempercepat anda untuk sukses mencari uang dari blog.

- Tidak ribet

Untuk hal ini mungkin relatif, tergantung dari pengalaman masing-masing. Tapi, kalo menurut saya pribadi dan dari sebagian mereka yang memilih ngeblog sebagai pilihannya, ngeblog itu tidak terlalu ribet, hanya dibutuhkan kemampuan menulis saja, dan sedikit memahami teknik-teknik SEO dasar hanya itu saja menurut saya sudah cukup untuk modal awal. Karena lama kelamaan pengetahuan anda pun akan semakin bertambah seiring anda menjalani aktivitas ngeblog itu sendiri.

- Bisa menghasilkan uang

Inilah tujuannya, karena memang dengan menjadi seorang blogger, kita bisa menghasilkan uang. Besar kecilnya jumlah yang didapat itu tergantung dari kinerja anda dalam mengelola blog anda, dan juga system apakah yang anda gunakan untuk memonetis blog tersebut.

Nah, diatas adalah faktor dasar yang menjadi kemungkin kenapa banyak orang yang memilih terjun kedunia blogging, dan dijadikan alternatif untuk bermain bisnis online.

Dan sekarang saatnya kita membahas topik utamanya, yaitu:

Rahasia sukses menghasilkan uang dari blog untuk pemula

Kenapa saya tunjukan untuk pemula? karena memang berdasarkan pengalaman saya dulu yang saat itu memang newbie banget, dan belum banyak tahu tentang urusun ngeblog, kemungkinan besar yang saya alami dulu, juga dirasakan oleh para blogger-blogger baru saat ini.

Melihat dari judul diatas, lalu apakah saat ini saya sudah sukses? dan berani-beraninya memberikan kunci-kunci kesuksesan,.? untuk anda yang punya fikiran seperti itu, saya jawab belum! saya belum sukses jika di ukur dari segi materi yang saya dapat selama dua tahun saya menjadi seorang blogger. Karena seperti itulah sifat dasar seorang manusia yang selalu menginginkan lebih dan lebih lagi tak pernah merasa puas.

Dari beberapa blog yang saya kelola, saya bersyukur karena salah satu diantaranya memang membawa rizki yang cukup buat memenuhi kebutuhan sehari-hari saya. Dan jika bicara masalah kesuksesan., kalo saya melihat dari perjuangan saya dulu yang tidak tahu apa-apa, saya merasa sangat sukses karena dulu saya boro-boro tahu blog itu seperti apa, hanya sering mendengar istilah blogger saja tanpa tahu apa yang mereka kerjakan. Dulu saya belajar otodidak hanya mengandalkan informasi yang ada di internet untuk menjadi guru saya mempelajari teknik-teknik dasar blogging. Dan Alhamdulillah saat ini saya sudah mendapatkan penghasilan rutin tiap bulan.

Nah, diatas adalah sedikit curhatan saya dari pengalaman saya dulu pertama kali mengenal ngeblog.

Dan untuk anda yang saat ini bisa dibilang baru dan pemula banget dalam urusan ngeblog namun sudah tidak sabaran untuk dapat penghasilan dari blog yang dikelola. Berikut dibawah ini akan saya uraikan beberapa point untuk anda fahami, sebelum anda berfikir untuk cepat-cepat mendapatkan penghasilan.
Rahasia ukses menghasilkan uang dari blog untuk pemula
Untuk anda yang ingin benar-benar merasakan kesuksesan dan mendapatkan hasil yang anda harapkan, khusus untuk anda yang masih pemula silakan anda simak uraian dibawah ini:

- Ubahlah mindset anda dan niatkan bahwa ngeblog itu bukan untuk mencari uang! Tetapi memberikan informasi terbaik untuk pembaca

Jika anda ingin benar-benar sukses dan mendapatkan penghasilan menjadi seorang blogger, ubahlah pemikiran anda, karena saya yakin untuk para blogger pemula saat ini, pertama kali meraka ngeblog bukan berdasarkan karena minatnya untuk berbagi informasi, tetapi lebih ke materinya. Untuk itu fokuskan diri anda untuk membuat setiap konten yang anda buat harus benar berkualitas: (bukan hasil copypaste, unik dan menarik untuk di simak). Jangan dulu memikirkan bagaimana caranya mendapatkan penghasilan. Kita harus ingat bahwa yang namanya kualitas itu punya nilai! jadi, utamakan dulu bahwa blog yang anda kelola benar-benar berkualitas. Jika blog anda berkualitas, anda tidak perlu kebingungan untuk mendapatkan penghasilan, karena bukan saja anda akan dimudahkan saat mencoba mendaftar ke situs periklanan besar seperti Google AdSense, tetapi anda juga bisa saja diburu dan mendapatkan tawaran dari para pengiklan mandiri. Intinya anda fokuskan dulu untuk membangun blog yang nantinya pantas untuk diperhitungkan.

- Pelajari teknik-teknik SEO

Ini juga tak kalah penting, untuk menciptakan blog dengan isi konten yang berkualitas, anda juga harus banyak belajar memahami teknik-teknik SEO. ada banyak artikel yang membahas masalah ini, carilah informasi yang membahas tentang cara-cara agar konten anda nangkring di halaman pertama mesin pencari (google), pelajari pengertian pertian dari apa itu SEO on page dan SEO of page. Karena dengan bekal ilmu yang secara gratis berserakan di internet, jika anda terapkan hal itu akan membuat blog anda semakin tampil prima dan mampu untuk bersaing dengan blog-blog yang lain.

Pengaruh SEO itu punya peran sangat bagus untuk kualitas blog anda, jika anda benar-benar bisa mengoptimalkannya. Bagaimana tidak? karena anda bisa dengan mudahnya menarik pembaca untuk mengunjungi blog anda, dan itu yang akan meningkatkan traffik pada blog anda, dan asal anda tahu bahwa traffik = uang!.

- Bisnis adalah persaingan

Anda harus menyadari bahwa bermain bisnis online adalah tentang persaingan, jika ngeblog adalah pilihan anda untuk mendapatkan uang, maka ada ribuan orang dimuka bumi ini yang punya pilihan yang sama seperti anda. Bahkan saat saya menulis artikel ini, inipun adalah bentuk kerja keras saya untuk bersaing dengan blogger lain untuk memberikan informasi tentang Rahasia Sukses Menghasilkan Uang Dari Blog Untuk Pemula , dan ada ratusan artikel membahas ini yang di sajikan oleh mesin pencari (google). Dan saya berjuang keras untuk menduduki halaman pertama di hasil pencarian, Tentu saja hal itu bertujuan untuk menarik anda untuk membaca artikel ini.

Nah, seperti itulah persaingan. Terkadang banyak orang yang melakukan cara-cara curang demi memenangkan persaingan, hal itu juga banyak terjadi didunia kami para blogger.

Jadi, untuk anda yang berniat mencari peruntungan menjadi pemain bisnis online lewat ngeblog, persiapkanlah diri anda untuk selalu siap bertarung di medan pertempuran (mesin pencari) saya tunggu jurus-jurus jitu anda yaa, hehee.

- Sering-seringlah mengunjungi acara pesta

Anda kaget? Ya, sering-seringlah anda untuk mengunjungi acara-acara pesta dan bagikan artikel anda disana, misalnya seperti di facebook, twitter, google plus dan lain lain. Kenapa saya bilang social media dengan menyebutnya acara pesta? Karena saya masih ingat dengan pepatah para blogger yang menyebutkan :

"membagikan artikel anda di social media ibarat anda mengunjungi sebuah acara pesta, anda akan dilihat oleh banyak orang".

Seperti itulah bunyinya, dengan anda sering membagikan artikel dibeberapa social media, sudah jelas bahwa blog anda akan dilihat oleh banyak orang, meskipun mereka tidak semuanya membaca, setidaknya mereka sudah mengenali blog anda, jika sudah dikenali banyak orang, tentu tidaklah sulit jika suatu saat blog anda ramai dikunjungi. Ingat! Traffik =uang!.

- Usahakanlah untuk mengupdate artikel rutin

Usahakanlah untuk mengupdate artikel rutin minimal satu artikel satu hari. Perlu kalian ketahui, satu buah artikel yang anda buat pada blog anda, itu memiliki nilai investasi, makannya kenapa diatas saya selalu menekankan bahwa anda harus fokus pada konten artikel yang unik dan berkualitas, karena satu artikel yang memiliki kualitas itu mampu menggeser beberapa artikel lain di serp pencarian. Dan jika anda mampu menciptakan setiap artikel nangkring di halaman pencarian, dan blog anda telah dimonetis nantinya, berapa jumlah uang yang anda dapat yang hanya diwakili oleh satu artikel saja.

Hal diatas adalah sebagai motivasi untuk anda agar selalu mengutamakan kualitas dibandingkan hanya membuat tulisan alakadar dan asal-asalan.

Nah itulah Rahasia Sukses Menghasilkan Uang Dari Blog Yang Saya Khususkan Untuk Pemula., dan tentunya semua yang saya jelaskan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya saja. Jika menurut anda ada pendapat saya yang dirasa menyimpang atau pun tidak sesuai silakan untuk masuk dan mengisi komentar di kolom blogger yang telah disediakan.

Dan jika anda merasa ini bermanfaat silakan untuk di share, semoga saja setelah mereka membaca tulisan yang anda bagikan ini, semakin banyak blogger-blogger baru Indonesia ya berkelas, bukan blogger ab*l-ab*l.